Senin, 11 Agustus 2008

Sampul Elektronik Pertama Akan Dipakai Esquire


Plastic Logic

JAKARTA, JUMAT - Majalah Esquire akan menjadi media pertama yang menggunakan kertas elektronika sebagai sampulnya. Pada edisi Oktober yang akan terbit September, sampul majalah lifestyle Esquire bakal sangat interaktif karena layaknya layar televisi yang menampilkan gambar bergerak.

"Majalah pada dasarnya tidak berubah selama 150 tahun. Saya sangat frustasi dengan industri majalh yang tidak bergerak sama sekali," ujar pemimpin redaksi Esquire saat memamerkan prototipe sampul elektronika tersebut. Ia berharap dalam dua tahun, sampul elektronik akan menjadi tren seperti halnya ponsel sejak diperkenlakn tahun 1982. 

Kertas elektronik (E-ink) dibuat dari jutaan kapsul berukuran mikro yang dicetak di atas permukaan. Masing-masing diameternya tak lebih tebal dari rambut manusia. Setiap kapsul mengandung partikel berwarna putih yang bermuatan positif dan partikel berwarna hitam yang bermuatan negatif.

Saat arus listrik dialirkan, partikel berwarna hitam akan bergerak ke permukaan sehingga menghasilkan titik hitam. Pengaturan arus akan menampilkan gambar hitam putih di atas lembaran tersebut.

Dalam sampul Esquire, kombinasi titik-titik tersebut akan menampilkan flash tulisan "the 21st century Begins Now." Baterai tipis khusus yang melekat di sampul tersebut mampu bertahan selama 90 hari.

WAH 
Sumber : LIVESCIENCE

Tidak ada komentar: