Sabtu, 19 April 2014

Kingdom Tower akan jadi Gedung Tertinggi di Dunia?



GEDUNG Burj Khalifa (kiri) dan Kingdom Tower yang akan dibangun di Jeddah (kanan).*
 
 
 
DUBAI, (PRLM).- Status gedung Burj Khalifa sebagai gedung tertinggi di dunia akan segera berakhir. Pasalnya, pemerintah Arab Saudi berencana membangun gedung yang lebih tinggi lagi.

Dilaporkan Saudi Gazette, nama gedung baru yang akan menjulang setinggi 3.280 kaki atau 1.000 meter lebih dan dibangun di Jeddah itu akan diberi nama Kingdom Tower.
Burj Khalifa, yang saat ini tercatat di Guinness sebagai gedung tertinggi di dunia, memiliki tinggi 2.716 kaki atau 827 meter.

Consultants Advanced Construction Technology Services (ACTS) mengumumkan pengujian seluruh material gedung telah dilakukan, dan pembangunan akan dimulai pekan depan.

Pembangunan Kingdom Tower diperkirakan menelan biaya 1,23 miliar dolar AS. Gedung 200 lantai ini akan menghadap ke Laut Merah, dan pembuatannya membutuhkan kira-kira 5,7 juta kaki persegi beton, dan 80 ribu ton baja.

Membangun gedung tinggi di tepi pantai sangat tidak mudah. Garam berpotensi merusak. Pondasi sedalam 60 meter harus mampu menahan air asin di dekatnya. Akibatnya, ACTS akan menguji kekuatan beton.

Beban angin juga akan menjadi masalah. Untuk mengatasi terpaan angin, menara kemungkinan akan berubah bentuk secara teratur. (saudi gazette/A-89)***

Tidak ada komentar: