Jumat, 05 April 2013

Stres Akibat Macet Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental






RLM - Terjebak dalam antrean atau kemacetan tak hanya sekadar mengganggu mood. Kejadianitu bisa menjadi gangguan kesehatan mental pada beberapa tahun kemudian. Demikian satu hasil penelitian.

Kejadian sehari-hari yang mengesalkan seperti menunggu dalam antrean atau kemacetan berpengaruh buruk bagi kesehatan mental, tak ubahnya mengonsumsi diet yang jelak atau gagal berolah raga.

Maka, belajar berkepala dingin saat menghadapi stres dari kehidupan modern sehari-hari adalah sangat mendasar seperti diet yang menyehatkan dan rutin berolah raga.

Susan Charles, professor psikologi dan perilaku sosial, mengadakan penelitian untuk mengetahui kejadian menjengkelkan sehari-hari akankah menjadi melemahkan semangat atau justru menguatkan tekad seseorang.

Dengan memakai data dari dua survei nasional, peneliti menemukan respons negatif dari stres sehari-hari seperti bertengkar dengan mitra, perseteruan di tempat kerja, mengantre layanan cukup lama, atau terjebak dalam kemacetan akan menjadi penyebab stres psikologis dan gangguan mood pada sepuluh tahun kemudian.

Berdasarkan temuan tersebut, Professor Charles yang menulis di jurnal ilmiah psikologi menyatakan, ‘Bagaimana kita mengatur emosi sehari-hari akan berpengaruh pada kesehataan mental keseluruhan." (A-88/dailymail)***

Tidak ada komentar: